Tips Merawat Buku-buku Koleksi Pribadi

Last Updated on

Buku adalah gudang ilmu. Memiliki koleksi buku yang banyak tentu adalah sebuah hal yang menyenangkan. Tapi disisi lain, si pemilik buku harus bisa menjaga dan merawat koleksinya agar buku itu tetap dalam kondisiĀ  yang baik. Sehingga buku-buku itu bisa diwariskan kepada anak cucu kita. Berikut adalah beberapa tips dalam rangka menjaga dan merawat buku-buku koleksi pribadi.

tips merawat buku

koleksi buku pribadi yang terawat dan tertata rapi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Letakkan buku di tempat khusus buku, misalnya rak buku. Hindari menyimpan buku-buku terlalu lama di dalam kotak kardus. Asam dari kotak kardus bisa pindah ke buku. Akibatnya, buku berubah warna jadi kekuning-kuningan

2. Pastikan rak buku tersebut tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang memadai, jadi rak buku yang terbuat dari besi atau stainless steel lebih baik daripada yang terbuat dari kayu. Jika lebih suka memakai rak dari kayu, pastikan diberi lapisan supaya buku-buku tersebut tidak kontak langsung dengan kayu yang juga mengandung asam.

3. Ada rak buku yang tertutup dan ada pula yang terbuka. Jika memakai rak buku tertutup, usahakan agar sering dibuka supaya ada sirkulasi udara. Selain itu, sebaiknya rak buku tidak langsung menempel ke dinding. Level paling bawah rak buku juga sebaiknya berjarak beberapa senti meter di atas lantai agar terhindar dari genangan air dan kelembaban yang berlebihan. Intinya supaya buku-buku tersebut tidak lembab.


4. Buku ditata dengan rapi dan sistematis sehingga memudahkan menemmukan buku yang ingin dibaca. Bisa sesuai tinggi atau kategori buku. Semua terserah kepada si pemilik. Pastikan saja posisi buku tidak ditumpuk. Posisi buku sebaiknya berdiri dan berjajar ke samping seperti di perpustakaan umum atau di took-toko buku.

5. Lakukan perawatan berkala, seperti membersihkan rak dari debu.

6. Untuk mengusir ngengat, mengurangi bau tak sedap, dan mencegah kutu, praktisnya bisa menggunakan kamper. Taburlah kamper di sela buku atau di pojok rak.Alternatif lain yaitu menggunakan biji-biji lada putih yang dibungkus potongan kain.
7. Untuk menngurangi kelembaban udara bisa menggunakan serpihan arang. Serpihan arang kelapa dimasukkan ke dalam amplop bertutup rapat. Arang ini selalu siap dipakai lagi setelah dijemur untuk menghilangkan serapan airnya. Penjemuran dilakukan tiap 3-4 bulan sekali (juga amplopnya sekalian).

Jika suka yang praktis, pakai saja silica gel dan penyerap air yang tersedia di took-toko terdekat
Silica gel ini bisa dipakai beberapa kali. Taruhlah sillica gel (dalam kemasan/dibungkus plastik berlubang). Keringkan/jemur jika sillica mulai berubah warna. Sedangkan untuk penyerap air nya bisa beli isi ulangnya.

8. Yang terakhir, dan yang paling penting adalah saat kita membaca buku tersebut harus hati-hati, jangan diletakkan sembarangan, atau halamannya dilipat sembarangan dan semacamnya.

Semoga tips ini bermanfaat ya.

Tips Merawat Buku-buku Koleksi Pribadi | ayas | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *