Manfaat dan Keagungan Surat Al Ikhlas

Last Updated on

1. Surat Al Ikhlas seperti sepertiga Al Qur’an.

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW bersabda : “Sesiapa membaca ‘Qulhuallah (sehingga akhir ayat), maka seolah-olah dia telah membaca sepertiga Al-Qur’an”.

Sabda Rasulullah SAW, “Sesiapa yang membaca surah Al-Ikhlas, maka seakan-akan dia telah membaca satu pertiga Al-Qur’an” (Hadith Riwayat Ahmad dan An Nasai).

Dari Imam Bukhari, diriwayatkan daripada Abu Sa’id al-Khudri; seseorang mendengar bacaan surah al-Ikhlas berulang-ulang di masjid. Pada keesokan paginya dia datang kepada Rasulullah SAW dan sampaikan perkara itu kepadanya kerana dia menyangka bacaan itu tidak lengkap. Rasullullah SAW bersabda, “Demi tangan yang memegang nyawaku, surah itu seperti sepertiga al Quran!”

Abu Hurairah r.a. Sabda Rasullullah SAW; “Sesungguhnya ganjaran Surah Al-Ikhlas satu pertiga Al Quranul Qariim.” (Di riwayatkan oleh Imam Bukhari)

Surat Al Ikhlas adalah surat yang pendek, sangat pendek malah. Sangat banyak umat muslim yang sudah tahu dan hafal. Nha kali ini saya ingin berbagi apa yang saya tahu tentang surat ini. Informasi ini saya rangkum dari berbagai sumber, baik offline maupun online. Oke langsung saja ya..

“Sesiapa yang membaca surah Al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan dia telah membaca Al-Quran seluruhnya.” (Hadith Riwayat Al’ugaili dan Rajaa Al Ghanawy)

Sabda Rasullullah SAW:  “Sesiapa membaca ‘Qul huwAllahu Ahad’ sebanyak 3 kali, dikurniakannya pahala seperti pahala orang yang membaca Al-Quran sekali khatam.”

2.  Rasa cinta terhadap surat Al Ikhlas dapat memasukkan ke dalam syurga.

Dari Anas r.a beliau berkata:Ada seorang laki-laki telah datang kepada Rosululloh SAW kemudian berkata:”Sesungguhnya saya sangat mencintai surat Al Ikhlas”.Kemudian Rosululloh SAW bersabda:”Kecintaanmu terhadap surat tersebut akan memasukkan dirimu ke dalam syurga”.(HR.Ahmad,Tirmidzi,Baihaqi)

3. Membaca surat Al Ikhlas secara rutin mendatangkan kebaikan

Bila surat Al Ikhlas di baca 200 kali maka Alloh SWT akan mencatat untuknya 1500 kebaikan,dan akan menghapus dosanya selama 50 tahun,kecuali kalau dia punya hutang.

Dari Anas r.a Rosululloh SAW bersabda:”Barangsiapa tiap hari membaca surat Al Ikhlas sebanyak 200 kali,maka Alloh SWT akan mencatat untuknya 1500 kebaikan,dan akan menghapus dosanya selama 50 tahun,terkecuali kalau dia punya hutang”.(HR.Tirmidzi,Abu Ya’la)

Bila rajin membaca surat Al Ikhlas baik dalam keadaan berdiri,duduk,dan berjalan,baik di waktu malam ataupun di waktu siang,maka ketika dia meninggal Alloh SWT akan mengutus 70.000 malaikat untuk mensholatinya.(HR.Baihaqi)

Bila surat Al Ikhlas dibaca 50 kali maka Alloh SWT akan meninggikan 50.000 derajat untuknya,dan menghapus 50.000 kesalahannya,serta mencatat untuknya 50.000 kebaikan.(HR.Baihaqi)

Bila dibaca setiap memasuki rumahnya, Alloh SWT akan hilangkan kemiskinan dari penghuni rumah itu dan rumah tetangga-tetangganya.

Dari Jarir Al Bajali r.a Rosululoh SAW bersabda:”Barangsiapa membaca surat Al Ikhlas setiap memasuki rumahnya,maka Alloh SWT akan hilangkan kemiskinan dari penghuni rumah tersebut dan juga penghuni rumah tetangga-tetangganya”.(HR.Thobroni)

Bila di baca ketika sebelum bepergian sebanyak 11 kali,maka Alloh SWT akan menjaga rumahnya sampai dia kembali.(HR. Ibnu Najjar)

Dari Ali r.a dari Rosululloh SAW bersabda:”Barangsiapa yang menghendaki untuk bepergian ,kemudian dia memegang kedua sisi pintu rumahnya,lalu membaca surat Al Ikhlas sebanyak 11 kali,maka Alloh SWT akan menjaga rumahnya sampai dia kembali”.(HR.Ibnu Najjar)

Bila surat Al Ikhlas di baca sebanyak 100 kali dalam keadaan suci(telah berwudhu),dengan di awali baca surat Al Fatihah,maka akan dilimpahi berbagai kebaikan

Dari Anas r.a bahwasanya Rasululloh SAW bersabda:”Barangsiapa membaca surat Al Ikhlas dalam keadaan suci sebanyak 100 kali,yang mana sebelumnya di dahului dengan membaca Al Fatihah,maka Alloh SWT akan mencatat untuknya pada setiap hurufnya 10 kebaikan,menghapus darinya 10 keburukan,dan menaikkan untuknya 10 derajat.Dan Alloh SWT akan membangunkan untuknya 100 istana di syurga.Dan seolah-olah dia telah membaca Al Qur’an sebanyak 33 kali.Surat Al Ikhlas merupakan symbol kebebasan dari syirik,bisa untuk mendatangkan malaikat dan bisa juga untuk mengusir syaithon.Dia memiliki suara di sekitar ‘Arsy,selalu menyebut-nyebut orang-orang yang rajin membacanya,sehingga Alloh SWT memandangnya(dengan kasih sayangnya).Dan ketika Alloh SWT telah memandangnya,maka Alloh SWT tidak akan menyiksanya untuk selamanya-lamanya.(HR.Ibnu ‘Adiy,Baihaqi)

Bila surat Al Ikhlas di baca 10 kali setelah sholat shubuh,maka pada hari tersebut tidak ada dosa yang bisa menghancurkannya,dan dia akan dijaga oleh Alloh SWT dari gangguan syetan.

Dari Ali r.a Rasululloh SAW bersabda:”Barangsiapa sholat shubuh kemudian dia tidak berbicara (selain dzikrulloh)sehinngga membaca surat Al Ikhlas 10 kali,maka pada hari tersebut tidak akan ada dosa yang bisa menghancurkannya,dan dia akan di jaga oleh Alloh SWT dari (gangguan syetan)(HR. Ibnu Asakir)

Lantaran terkabulnya doa-doa

Dari Muhammad bin Munkadir rah.a bahwasanya Rasululloh SAW mendengar seorang laki-laki sedang membaca surat Al Ikhlas dengan tartil sampai selesai,maka Nabi SAW bersabda kepadanya:”Sekarang mintalah kepada Alloh SWT! Pasti permohonanmu akan di perkenankan”.(HR.Said bin Manshur)

16.       Bila surat Al Ikhlas di baca 10 kali maka Alloh SWT akan membangunkan sebuah istana untuknya di syurga.

Dari Muadz bin Anas Al Juhani r.a dari Rasululloh SAW,beliau bersabda:”Barangsiapa membaca surat Al Ikhlas 10 kali,niscaya Alloh SWT akan membangunkan untuknya satu istana di syurga.Maka Umar r.a kepada Nabi SAW:”Kalau begitu alangkah banyaknya istana-istana kita di syurga nanti wahai Rasululloh?”kemudian Nabi SAW bersabda:”Khozanah (simpanan)Alloh SWT lebih banyak dan lebih utama”.(HR.Ahmad,Thobroni,Ibnu Sunni) Sebenarnya masih ada lagi, tapi yang terpenting adalah kita istiqomah mengamalkannya.

Manfaat dan Keagungan Surat Al Ikhlas | ayas | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *