Maaf, saya merayakan Hari Kasih Sayang bukan Valentine’s Day

Serupa tapi tak sama, ungkapan ini sepertinya cocok untuk mengambarkan istilah Valentine’s Day dan Hari kasih Sayang. Sekilas mereka memang sepertinya sama, tapi sebenarnya berbeda.


Memasuki bulan Februari, seperti biasa obrolan atau bahkan diskusi mengenai Valentine’s Day selalu hangat. Ada yang menyetujui dan juga merayakan hari Valentine ini, ada pula yangmenolaknya, dan juga ada yang cuek-cuek saja. Semua pihak memiliki alasan masing-masing yang menguatkan pilihannya.


Saya pribadi tidak masalah dengan adanya Hari Kasih Sayang, saya malah mendukung untuk ditetapkannya sebuah hari sebagai Hari Kasih Sayang. Menurut saya adanya Hari Kasih Sayang sama saja dengan adanya Hari Ibu, Hari Anak dan hari-hari istimewa lainnya. Dengan adanya Hari Kasih Sayang tidak berarti hanya di hari itu saja, kita saling berbagi kasih sayang. Sama halnya dengan adanya Hari Ibu, apakah dengan ditetapkannya Hari Ibu pada tanggal 22 Desember itu berarti kta menyayangi ibu hanya di hari itu saja. Atau kita berusaha membantu ibu (seperti memasak, mencuci, mengepel) hamya di hari itu saja. Tentu tidak bukan. Hari Ibu hanyalah suatu bentuk simbol betapa sosok ibu itu sungguh berarti besar dalam kehidupan kita. Sangat besar bahkan.


Dengan alasan seperti itu saya menyatakan bahwa saya merayakan Hari Kasih Sayang, tapi maaf bukan Valentine’s Day.


Ada beberapa alasan mengapa saya menolak untuk dikatakan merayakan Hari Valentine’s Day, disini cukup dua saja soalnya nanti pa……..njang :mrgreen: .

Yang pertama, jika dilihat dari artinya Valentine’s Day bukanlah hari kasih sayang melainkan Hari (milik)nya Valentine. Valentine disini tentunya teman-teman mungkin sudah tahu siapa dia. Iya Valentine yang dmaksud ini adalah St. Valentine.


Alasan berikutnya yaitu hari Valentine ini identik dengan berbagi kasih sayang hanya kepada lawan jenis, padahal kasih sayang yang sebenarnya menembus batas wujud fisik. Kasih sayang pada sesama, binatang serta pada lingkungan termasuk di dalamnya.


Lebih lanjut, momen Valentine’s Day ini sering dijadikan pelegalan bagi sesuatu hal yang tidak benar. Saya pernah membaca di sebuah koran bahwa perayaan Valentine oleh muda-mudi sering berakhir dengan sebuah ‘aktivitas ilegal’ yang dianggap sebagai sebuah ekspresi cinta pada pasangannya baik dalam bentuk yang sederhana maupun yang ekstrem.


Kasih dan sayang merupakan rasa yang istimewa yang dianugerahkan pada manusia. Sudah selayaknya kita ‘merayakannya’ dengan mempraktekkannya setiap hari dan tidak terjebak hanya pada perayaan simbolis. Kasih sayang itu untuk diwujudkan dalam sikap dan tingkah laku 🙂

Maaf, saya merayakan Hari Kasih Sayang bukan Valentine’s Day | ayas | 4.5
21 Comments
  1. 12 years ago
    2mk

    Hari kasih sayang jadi lebih indah setelah membaca kata2 di postingan ini 🙂

  2. 12 years ago
    Rie Rie

    quote yang ini:
    “Kasih dan sayang merupakan rasa yang istimewa yang dianugerahkan pada manusia. Sudah selayaknya kita ‘merayakannya’ dengan mempraktekkannya setiap hari dan tidak terjebak hanya pada perayaan simbolis. Kasih sayang itu untuk diwujudkan dalam sikap dan tingkah laku”

    ngena banget deh. Nice post!!

  3. 12 years ago
    albri

    Hari kasih sayang kenapa tidak setiap hari saja? setuju!

  4. 12 years ago
    Meidy

    Yang penting kita memberikan kasih sayang buat smua makhluk setiap hari, setiap menit bahkan setiap detik.. 🙂

  5. 12 years ago
    yudi

    saya merayakan dalam hati hehe..

  6. 12 years ago
    masarif

    stuju bangetz, kasih sayang k semua…

  7. 12 years ago
    tetetzet

    Sama saya ajah yuk ayas 😛

  8. 12 years ago
    Arikaka.com

    Yap saya sejalur mas..

  9. 12 years ago
    firanza

    Maaf ya.. saya juga sama sekali gak setuju sama yang namanya Valentine’s Day, Apa orang2 itu gak tau sejarahnya? Kalo Hari Kasih Sayang, mmm… boleh gak ya??

  10. 12 years ago
    pakdejack

    setuju aja dah..

  11. 12 years ago
    achim

    wah mb ayas makin di sayang alexa neh…. rankx skrng dah 500rb an……………

  12. 12 years ago
    Yusa

    iya sy juga jadi ngeri denger cerita ttg valentinan…kl kasih sayang boleh kynya mas..setuju sm posting mas diatas..

  13. 12 years ago
    BlaGaBloGer

    seep…seepp..seepp..

  14. 12 years ago
    Adieska

    Wah mantrep iki nduk 😀

  15. 12 years ago
    Rian Xavier

    sebetulnya kasih sayang itu harusnya ke semua orang. Memang betul postingannya di sini yang bilang bahwa sering kali identik dengan lawan jenis. Nice post.

  16. 12 years ago
    accord

    Saya tidak merayakan 😀

  17. 12 years ago
    ichanx

    saya merayakan 17 agustus saja

  18. 12 years ago
    mbak maya

    It’s a nice blog. Salam kenal ya…

  19. 12 years ago
    mochal

    akhirnya ketemu juga..xixxixixixi .. that right

  20. 12 years ago
    joanne

    happpy valentine !
    hhihiiihihihihihihhihi

  21. 11 years ago
    ra2

    Quw stuju bgt dg pa yg da d’cni… thank’s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *