Investasi Reksadana: Mengenal Jenis dan Keuntungan Reksadana

Sejak dari awal saya mendengar tentang investasi reksadana, saya langsung tertarik untuk mencobanya. Tapi karena masih minimnya pengetahuan saya tentang jenis reksa dana  dan hal-hal seputar reksa dana, saya masih belum maksimal dalam berinvestasi menggunakan reksadana  ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi informasi tentang seluk beluk reksa dana  sekalian belajar. Informasi ini tentunya saya rangkum dari berbagai sumber. Kita mulai ya.

Apa itu Investasi Reksadana ?

Investasi Reksa dana  adalah investasi yang berbentuk suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek (saham, obligasi, pasar uang dan lain-lain) oleh Manajer Investasi.

Keuntungan memilih Investasi Reksa dana

Keuntungan-keuntungan yang saya sebutkan disini kebanyakan keuntungan yang saya rasakan sendiri.

Yang pertama yaitu nominal investasi (bisa) kecil alias terjangkau. Hanya dengan 10 ribu rupiah kita bisa mencoba memulai berinvestasi dengan reksa dana . Untuk pemula seperti saya yang tidak pernah investasi sebelumnya, investasi ini cocok.

Yang kedua tersedianya platform yang cukup bervariasi, bisa online dan juga offline. Yang suka ke bank, bisa datang ke bank. Misalnya yang ingin investasi reksa dana  BNI, bisa langsung ke bank tersebut. Begitupun yang ingin investasi reksa dana  BCA, bisa datang langsung ke BCA.

Untuk teman-teman yang suka beli reksa dana  secara online karena lebih simple, juga bisa. Oya, ini rangkuman dimana teman-teman bisa membeli reksa dana  secara online tanpa was-was. Sumbernya disini.

  • Bank Penjual Reksa Dana Online, contohnya: Bank Commonwealth
  • Perusahaan Sekuritas Sebagai Supermarket Reksa Dana Online, contohnya: POEMS ProFunds dan IPOTFUND
  • Supermarket Reksa Dana non Bank dan Lembaga Keuangan, contohnya: bareksa, tanamduit, Xdana, Invisee, Ajaib dan Bibit
  • E-Marketplace Penjual Reksa Dana Online, contohnya: tokopedia dan buka lapak
  • E-wallet Sebagai Penjual Reksa Dana Online, contohnya: Doku, OVO dan paypro

Yang ketiga keuntungan secara financial cukup stabil dan tinggi dibandingkan berinvestasi dengan tabungan biasa atau deposito. Reksa dana juga tidak dikenai pajak.

Yang terakhir, jenis reksa dana cukup banyak.  Kita coba pilah satu persatu sebagai berikut:

  • Berdasarkan  prinsip pengelolaannya, reksa dana dibagi menjadi reksa  dana syariah dan regular.
  • Berdasarkan tingkat resikonya, ada empat macam reksa dana, antara lain

Reksadana pasar uang

Reksadana pendapatan tetap

Reksadana campuran

Reksadana saham

Semakin tinggi resikonya, semakin besar pula nilai return yang akan teman-teman dapatkan. Dari 4 macam reksa dana di atas, investasi reksadana saham adalah yang paling menguntungkan.

  • Berdasarkan  cara membelinya, reksa dana dibagi dua juga yaitu secara online dan secara offline. Untuk yang suka  kemudahan, membeli reksa dana secara onine adalah solusi yang terbaik.

Sumber Informasi tentang Investasi Reksadana

Teman-teman bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang reksa dan dari internet. Tapi ayas tetap memilihkan sumber-sumber informasi yang ayas rasa cukup lengkap memberikan penjelasan tentang reksa dana.

Sekian sharing ayasnotes kali ini. Semoga bermanfaat!

Investasi Reksadana: Mengenal Jenis dan Keuntungan Reksadana | ayas | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *