4 Pantangan untuk Mendapatkan Kulit Sehat Segar Bercahaya

kulit sehat terawat

kulit sehat terawat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kulit yang sehat adalah kulit yang terawat dengan baik dan optimal. Pada dasarnya kita semua memiliki kulit yang berada dalam kondisi baik. Akan tetapi kulit kita menjadi kusam, bermasalah bahkan rusak karena kekeliruan dalam merawatnya. Salah satunya yaitu ketika kita tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Pada saat kita menjalani pola hidup sehat, maka kulit pun akan menjadi sehat dan tampak lembab serta segar. Berikut adalah hal-hal yang perlu dihindari jika kita ingin kulit kita terawat. Saya urutkan mulai dari yang paling sulit dilakukan.

Yang pertama yaitu

Hindari stres

Stres sangat mudah untuk dialami. Stres bukanlah penyakit, akan tetapi salah satu sumber penyakit. Stres dapat memicu muncul dan berkembangnya penyakit-penyakit lain mulai dari asam lambung hingga stroke. Stres juga punya kontribusi terhadap munculnya penyakit jantung dan kanker serta banyak penyakit serius lainnya.

Setiap kali kita mengalami stres, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol secara berlebihan. Hormon inilah yang nantinya akan menjadi pemicu utama munculnya penyakit-penyakit lain.

Lantas apa hubungannya dengan kesehatan kulit? Menurut penelitian di bidang kesehatan, hormon tersebut bisa memicu kelenjar kulit memproduksi minyak secara berlebihan.  Bila kulit memiliki jumlah minyak yang terlalu banyak, pori-pori kulit bisa tertutup dan menjebak bakteri penyebab jerawat. Jadi, jangan heran apabila ketika stress, kulit wajah kita cenderung berminyak dan lebih mudah berjerawat.

So, kelola stres dengan baik ya.

Lanjut yang kedua yaitu

Hindari Makanan Tertentu

1. Makanan olahan
Makanan olahan cenderung kaya akan gula dimana gula itu sendiri berkontribusi terhadap munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit. Belum lagi pengawet yang terkandung di dalamnya yang juga buruk untuk kesehatan kulit. Jadi ketika lain kali tergoda untuk ngemil keripik kentang, pizza dan semacamnya, bilang saja pada diri sendiri: saya coba kapan-kapan.

2. Produk susu
Konsumsi susu dan produk olahannya secara berlebihan juga akan merusak kulit. Saat kita konsumsi produk tersebut terlalu banyak, besar kemungkinan akan timbul jerawat karena tubuh mengeluarkan sisa metabolisme.

3. Beberapa jenis seafod
Mereka antara lain kepiting, lobster, kerang, udang. Ini memang kabar buruk buat para pecinta seafood termasuk saya.

Makanan tersebut tinggi yodium sehingga berperan menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit yang berakibat munculnya jerawat.

Untuk yang ketiga yaitu

Hindari Mengonsumsi Alkohol

Alkohol bisa merusak kulit karena membuat produksi kolagen menurun, membuat kulit Anda dehidrasi, dan membuat kulit terlihat kusam.

Alkohol juga bisa merusak organ-organ tubuh yang sebenarnya berperan menghilangkan racun dalam tubuh. Contohnya, ketika organ hati rusak, racun pada tubuh akan menumpuk dan tidak dapat dibuang dengan baik. Dampaknya akan membuat kulit kusam atau berjerawat.

Dan yang terakhir yaitu

Hindari Merokok

Merokok selain mengakibatkan penyakit serius seperti paru-paru juga dapat merusak kulit. Di dalam rokok terkandung lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya.

Dampak buruk akibat merokok yang mudah terlihat antara lain munculnya tanda-tanda penuaan dini, serta kulit menjadi kering, kasar, dan kusam. Hal ini dikarenakan merokok bisa memecah kolagen yang nantinya berakibat pada berkurangnya elastisitas kulit dan rusaknya sel-sel kulit.

Cukup sedikit bukan yang harus dihindari 🙂 Hanya ada empat.

Demi kulit sehat, lakukan yuk mulai dari sekarang!

4 Pantangan untuk Mendapatkan Kulit Sehat Segar Bercahaya | ayas | 4.5
1 Comment
  1. 1 month ago
    ian

    waduh, seafood sesekali sj gpp kan ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *