Cara menghemat uang sehari-hari

Ada salah satu lelucon yang sering dilontarkan tentang uang yaitu uang tidak memiliki bahan pengawet, tidak heran uang yang kita punyai cepat habis.

hemat uang

hemat uang

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada beberapa orang yang mampu menghemat pengeluaran mereka sehingga tabungan mereka cukup banyak. Ada pula yang cukup berjibaku dalam menghemat uang. Kali ini ayasnotes akan berbagi cara-cara praktis yang bisa dilakukan sehari-hari untuk menghemat uang.

1. Hemat listrik

Menghemat listrik bukanlah sesuatu hal yang mudah juga di jaman yang serba online ini. Tapi menghemat listrik akan mampu mengurang minimal seperempat anggaran belanja yang kita keluarkan setiap bulannya. Salah satu cara menghemat listrik yaitu dengan hanya menggunakan lampu LED. Cara lainnya bisa dilihat disini.

 

2. Bawa botol minum sendiri.

Pernahkah teman-teman hitung seberapa banyak pengeluaran kita untuk membeli air minum kemasan? Sebotol air minum kemasan memang cukup murah, tapi jika dilakukan sangat sering maka jumlahnya juga akan menjadi banyak.

 

3. Kurangi beli air minum di luaran.

Entah itu membeli air botol kemasan ataukah membeli minum di kafe, kantin dan restoran terdekat akan cepat menguras kantong kita. Salah satu solusi yang cukup kekinian untuk meredam keinginan kita membeli air minum adalh dengan membuat sendiri infused water. Selain menyehatkan, air infused water ini juga ringan di kantong. Belum lagi teman-teman bisa berkreasi dengan varian rasa infused waternya.

 

4. Kurangi beli makan di luaran.

Lagi-lagi hal ini tidak mudah untuk dilakukan, akan tetapi jika teman-teman ayas sudah terbiasa maka efeknya akan cukup terlihat pada isi dompet kita. Belajar membuat menu bekal yang mudah adalah kuncinya. Cukup tahu beberapa resep saja, teman-teman bisa mengkombinasikan resep tersebut untuk bekal selama seminggu, baik bekal kuliah maupun bekerja.

 

5. Kurangi beli camilan.

Masih seputar makanan, jajanan yang dijual di sekita kita tentu memang menggoda untu dibeli. Teman-teman harus selektif agar hanya membeli jenis yang sehat, misalnya buah potong. Itupun teman-teman harus membatasi diri supaya tidak terlalu sering beli. Buah potong bisa dibuat sendiri dengan mudah.

 

6. Beli baju dan barang kebutuhan lain-lain yang berkualitas.

Baju yang berkualitas dan juga jenis barang lainnya sekilas kelihatannya memang mahal apalagi jika beli di vendor-vendornya. Akan tetapi, hal tersebut sebenarnya merupakan investasi jangka panjang, karena barang yang ori biasanya lebih awet dan nyaman dipakai.

Lantas bagaimana dengan harga yang mahal? Teman-teman bisa mensiasatinya dengan menggunakan promo diskon yang biasanya tersedia di gerai-gerai resmi. Alternatif lainnya yaitu teman-teman bisa mencari yang bekas. Dengan separuh harga, teman-teman bisa mendapatkan barang berkualitas. Apalagi sekarang cukup mudah untuk membeli barang bekas secara online.

 

7. Mnggunakan kendaraan umum.

Tips yang satu ini akan mudah dilakukan di kota-kota dengan fasilitas kendaraan umum yang memadai, misalnya Jakarta. Untuk kota-kota lain bisa menggunakan aplikasi ojek online dan semacamnya.Jika kita menggunakan kendaraan pribadi, biaya perawatannya juga cukup menguras dompet.

 

8. Membeli paket internet dan paket telpon dari operator seluler.

Paket internet memang cukup mahal, akan tetap dibandingkan dengan biaya internet yang normal tentu harga paket internet jauh lebih murah. Begitupun dengan paket telpon. Pastikan teman-teman memilih paket internet dan paket telpon yang sesuai dengan seberapa sering teman-teman berinternet dan menelepon.

 

9. Memanfaatkan fasilitas wifi

Walaupun teman-teman sudah memiliki paket internet sendiri, jika ada fasilitas wifi yang cukup aman dimana saat itu teman-teman sedang berada, ya dimanfaatkan saja.

 

10. Kurangi cuci mata atau windowshopping baik di offline store maupun di online store.

Pasti teman-teman ingat kita seringkali belanja barang di luar niatan kita padahal awalnya hanya sekedar cuci mata.

Oke, sekian sharing ayas kali ini. Semoga bermanfaat.

Cara menghemat uang sehari-hari | ayas | 4.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *