Cara Mengatasi Wastafel yang Tersumbat

Beberapa waktu yang lalu wastafel di rumah tiba-tiba tersumbat. Jadi kalau pas cuci tangan agak lama buka krannya, air yang mengalir dari kran menggenang di dalam bak wastafel. Jadi tidak nyaman lagi ketika cuui tangan, gosok gigi dan lain-lain.

Penyebab wastafel yang tersumbat tentu saja utamanya karena menumpuknya kotoran di bagian-bagian saluran air pada wastafel.

Saya memilki dua cara untuk membersihkan wastafel. Cara pertama yaitu dengan membuka leher bawah bagian wastafel. Saya akan upload fotonya segera. Setelah leher bawah dibuka, bersihkan saluran air menggunakan sikat kecil. Pasang kembali dengan rapat bagian leher bawah wastafel tersebut. Cara pertama ini cukup rutin saya lakukan. Suatu ketika, wastafel tetap mampet padahal saya sudah membersihkan dengan cara pertama, saya coba cara kedua. Cara ini hasil dari brosing dan googling di dunia maya.

Cara kedua ini lebih praktis tapi agak mengeluarkan biaya :). Teman-teman perlu mempersiapkan bahan-bahan berikut: baking soda, cuka putih, dan air mendidih.

Langkah pembersihan wastafel seperti ini:

Awalnya biarkan wastefel dalam kondisi kering, setelah itu tuangkan 1 cangkir baking soda ke dalam lubang wastafel yang tersumbat. Pastikan semua bubuk baking soda masuk ke dalam saluran wastafel. Selanjutnya siapkan 2 cangkir air mendidih dan tuangkan ke dalam wastafel tersebut. Tunggu beberapa menit. Setelah itu tambahkan kembali satu cangkir baking soda dilanjutkan dengan 1botol cuka putih. sumbat saluran air wastafel, tak lama akan terdengar suara mendesis dan gelembung. Anda tak perlu panik, karena itu pertanda bagus. Sebagai penutupnya tambahkan kembali 2 cangkir air mendidih. Dan saluran wastafel akan kembali lancar seperti baru kembali.

Oke, skian dari saya, semoga bermanfaat.

carawastafel