Home » hobi » Tips menjaga dan merawat keyboard tersayang

Tips menjaga dan merawat keyboard tersayang

Keyboard adalah salah satu barang mewah (setidaknya menurut saya begitu 😛 ) Tidak seperti televisi ataupun sepeda motor yang tempat reparasinya cukup bertebaran dimana-mana, bengkel reparasi untuk alat musik cukup sulit ditemui (padahal harganya juga bisa sama mahalnya dengan televisi atupun sepeda motor). Jadi tidak mengherankan jika kita sering menjumpai pemain keyboard (biasanya juga pemiliknya) yang memperlakukan benda tersebut dengan sangat hati-hati.


Berikut ini adalah tips untuk menjaga dan merawat keyboard ( seperti menjaga dan merawat apa gitu ya bahasanya :mrgreen: ). Sebenarnya beberapa dari tips berikut juga berlaku untuk menjaga dan merawat alat musik jenis lainnya.


Yang pertama dan yang utama yakni memainkan alat musik yang dimaksud secara berkala. Entah itu tiap hari, dua hari sekali, atau seminggu sekali. Yang jelas jangan setahun sekali (itu terlalu lama). Jika keyboard (maupun alat musik jenis lainnya) tidak dimainkan dalam jangka waktu yang lama maka kemugkinan untuk ‘tidak normal’ menjadi lebih besar. Tidak normal disini maksudnya ada yang cacat terutama dari kualitas suara.


Berikutnya yakni dengan meletakkannya ditempat yang aman dan nyaman. Dua kriteria ini sebisa mungkin harus dipenuhi sebab yang nyaman tidak selalu aman dan yang aman juga belum tentu nyaman. Aman disini tentunya berkaitan dengan aman dari kemungkinan hilang atau diambil orang. Selain itu aman dari lingkungan atau kondisi yang bisa merusak, misalnya kebocoran. Kemudian mengenai nyaman, maksudnya nyaman bagi sang pemilik untuk memainkannya.


Untuk keyboard, usahakan jika meletakkannya jangan sampai body nya terlalu ‘mepet’ dengan benda lain seperti sofa, kursi, meja atau lainnya. Jika mepet, ketika memainkannya kemungkinan body keyboard tersebut akan bergesek denga benda lainnya tersebut sehingga lama kelamaan body akan lecet, terutama sudut sudutnya.


Kemudian, lindungi keyboard dari debu dan hal-hal lain yang juga bisa merusak misalnya tumpahan air. Caranya dengan menutupnya dengan cover plastik atau wadahnya setiap selesai dimainkan. Khusus untuk keyboard, ketika menekan tombol fungsi, jangan ditekan secara berlebihan . Secara berlebihan disini maksudnya ditekan kemudian ditarik. Hal itu lama-kelamaan bisa mengakibatkan lecetnya tombol tombol fungsi tersebut.


Yang terakhir, bersihkan kotoran dan debu yang menempel dengan lap yang permukaannya halus. Keyboard termasuk barang yang sensitif, jadi harus dibrsihkan dengan kelembutan juga 😀

Mungkin ada tips tambahan dari teman-teman?

Print Friendly
Bagikan ya
tags: ,