Home » hobi » Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Bagus

Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Bagus

Membeli hard disk eksternal (ada juga yang menyebut hardisk external) adalah salah satu solusi praktis jika kapasitas hard disk internal laptop/pc sudah tinggal sedikit. Agar mendapatkan hard disk yang bagus, kita perlu cermati beberapa hal saat kita membeli hard disk jenis ini. Kali ini saya berbagi informasi tentang tips memilih hard disk eksternal yang insyaAllah berguna ketika teman-teman akan membeli sebuah hardisk external.

1. Kapasitas Maksimal Harddisk

Hard disk eksternal biasanya berkapasitas ratusan giga (misal 500 GB, 750 GB) atau satuan tera (contoh 1 TB, 3 TB). Tidak semua orang membutuhkan hard disk eksternal berkapasitas Tera, jadi teman-teman ukur dulu kira-kira butuh seberapa besar kapasitas hard disk yang imgin dibeli. Kalau hanya untuk menyimpan file semacam word, pdf, dan power point, hard disk berkapasitas 500 Gb sudah lebih dari cukup.

2. Kecepatan Harddisk

Dalam mengenali kecepatan sebuah hard disk, ada istilah yang disebut dengan rpm, satuan ukuran yang menunjukkan kecepatan rotasi dari sebuah piringan harddisk. Semakin besar putaran rpm pada harddisk maka semakin bagus performa yang dihasilkan. Hard Disk yang tersedia di pasaran saat ini umumnya harddisk dengan 7200 rpm dan harddisk dengan 5400 rpm. Sebaiknya pilih yang memiliki 7200 rpm

Oya jenis port usb juga memepengaruhi kecepatan hardisk external. Jika teman-teman pengguna laptop dengan port USB 3.0 maka sebaiknya membeli harddisk yang menggunakan port USB 3.0. Hal ini dikarenakan USB pot 3.0 mempunyai kecepatan 5 gbps sedangkan untuk USB 2.0 mempunyai kecepatan 450 mbps. Bagi teman-teman yang usb portnya masih berupa USB port 2.0, tenang saja, port harddisk 3.0 juga dapat digunakan pada laptop atau komputer yang menggunakan USB port 2.0.

3. Fitur Recovery
Pilihlah Hard Disk Eksternal yang dilengkapi dengan fitur backup and recovery dalam paketnya. Fitur ini sangat penting dan akan terasa manfaat keberadaannya pada saat file-file mengalami kerusakan atau korupsi data akibat hilangnya listrik secara tiba-tiba, atau pun akibat serangan virus. Melalui fitur recovery, kita dapat dengan mudah memulihkan data yang hilang atau rusak.

4. Merek
Nama besar sebuah merek tidak selalu menjamin bagusnya kualitas produk yang dikeluarkan. Cara mengecek nya mudah yaitu dengan cara mencari deskripsi resmi produk diinginkan di website resminya serta dengan mencari review-review tentang produk yang dimaksud.

4. Garansi
Hard Disk Eksternal biasanya memiliki garansi 1-3 tahun, namun ada juga yang lebih singkat. Belilah selalu produk semacam hardisk external di toko yang terpercaya, jika tidak, ada kamungkinan garansinya palsu.

6. Harga
Jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat murah walaupun alasannya promo. Hard Disk yang bagus kualitasnya, harganya juga bagus biasanya. Ada kualitas-ada harga.

7. Cover Harddisk
Cover Harddisk memberikan perlindungan keamanan lebih agar perangkat keras seperti harddisk eksternal dapat tahan lama.

Semoga bermanfaat ya..

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan ya
tags: ,