Home » hobi » Memilah dan memilih Paket Hosting

Memilah dan memilih Paket Hosting

Postingan ini saya tulis salah satunya dalam rangka melengkapi postingan sebelumnya, salah duanya biar saya tidak lupa saja :mrgreen: . Buat yang sudah jago soal hosting, postingan ini benar-benar tidak wajib dibaca πŸ˜€ . Tapi jika ingin baca, saya persilakan, mungkin ada masukan bagi saya πŸ™‚ .

Dibandingkan dulu, saat ini ada cukup banyak layanan webhosting baik web hosting lokal maupun web hosting non-lokal.

Masing-masing menawarkan beragam paket hosting yang kelihatannya cukup menarik. Saya bilang kelihatannya soalnya sebelum mencoba sebuah paket hosting, kita baca dulu detail dari paket tersebut. Nha, ketika kita membaca pasti kita juga melihat apa yang kita baca, iya khan? he he he maksa :mrgreen: .

Nha bagi blogger yang masih awam mengenai hosting (seperti saya misalnya), dengan adanya beragam pilihan paket hosting yang ditawarkan oleh web hosting (yang juga banyak macamnya) pasti jadi bingung harus memilih paket yang mana.

Sebagai langkah awal jika ingin hosting sendiri, seorang blogger sedikit banyak harus tahu beberapa istilah yang berhubungan seperti bandwith, space, dan server. Hal ini untuk mencegah salah pilih paket hosting.

Bandwith, space dan server adalah tiga hal yang harus mendapat perhatian lebih ketika kita akan memilih sebuah paket hosting. Berikut ini akan coba saya jelaskan secara singkat mengenai ketiga istilah tersebut (kalo penjelasannya panjang kali lebar kali tinggi nanti malah tambah tidak jelas, lha wong saya juga masih newbie πŸ˜€ ).

Yang pertama yakni mengenai istilah space. Istilah ini mengacu pada kapasitas blog untuk menyimpan data. Semakin besar space artinya semakin banyak data yang bisa ditampung.

Sedangkan bandwith bisa diibaratkan sebuah jalan, semakin lebar jalan otomatis semakin leluasa si pengguna jalan. Lebarnya jalan itu adalah ibarat besarnya bandwith. Semakin besar bandwith otomatis semakin cepat akses pengunjung. Dengan mengetahui hal ini, tentunya kita jadi paham bahwa kurang tepat jika kita memilih paket hosting yang spacenya besar tapi bandwithnya kecil. Diusahakan seimbang kalo bisa.

Jika blog kita termasuk baru dan pengunjungnya biasa saja (tidak membludak maksudnya), maka bandwith sebesar 5 GB sudah cukup.

Selanjutnya yaitu mengenai server. Ada tiga macam server yang biasanya ditawarkan: server USA, server SGP dan server IIX. Berbicara mengenai server artinya berbicara mengenai target pengunjung.

Jika target pengunjung web/blog kita adalah orang Indonesia, sebaiknya pilih sever IIX, sebab server IIX lebih cepat diakses oleh pengguna internet di Indonesia. Itu artinya web/blog kita akan lebih cepat diakses oleh pengunjung lokal. Sebaliknya, jika target pengunjung kita dari luar negeri, sebaiknya pilih server USA.

Lantas bagaimana jika target web/blog kita yaitu dari dalam dan luar negeri? Pilih saja server SGP, server SGP (Singapore) akan membuat web/blog kita cukup cepat diakses baik di dalam maupun diluar negeri.

Akan tetapi jika dibandingkan dengan server IIX, akses pengunjung lokal terhadap web/blog lebih cepat jika menggunakan server IIX, begitu pula jika server SGP dibandingkan dengan server USA, akses pengunjung luar negeri terhadap web/blog kita lebih cepat jika menggunakan server USA.

Sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat.. πŸ™‚

Bagikan ya
Share On Twitter
Share On Pinterest
Share On Stumbleupon
Share On Reddit
tags: ,