Home » indonesian page » Cara merawat dan menghemat baterai laptop

Cara merawat dan menghemat baterai laptop

Sunday, September 30th 2012. | indonesian page

Ingin baterai laptop tahan lama atau awet? Caranya gampang-gampang susah. Gampang karena mudah dilakukan, susah karena butuh kehati-hatian dan ketelatenan. Berikut ini caranya:

A. Cara men-charge and discharge baterai

Ketika baterai masih baru, baterai ini umumnya sudah terisi namun sangat rendah. Sangat dianjurkan untuk mengisi daya baterai ini hingga penuh terlebih dulu. Biasanya waktu yang diperlukan untuk men-charge baterai baru berkisar 3-4 jam.

Baterai baru harus dicharge sampai penuh dan didischarge sampai habis minimal 3 kali saat penggunaan awal agar kapasitas baterai dapat optimal. Proses charge ini sebaiknya dilakukan ketika laptop dalam kondisi tidak digunakan, pengalaman saya malah laptop saya matikan. Tujuannya agar proses pengisisna daya berlangsung lebih cepat. Tinggal lihat lampu indikator baterai.

Ingat proses discharge pada awal penggunaan perlu sampai 0 persen, sampai laptop shut down. Hindari hibernate. Lakukan minimal 3 kali dan maksimal 5 kali.

Dalam jangka waktu 7 bulan setelah pembelian baterai baru, baik yang asli maupun yang replacement, pastikan anda melakukan kalibrasi baterau laptop. Caranya ulangi proses discharge sampai 0 persen maksimal 3 kali.

Yang palin penting adalah hindari pengisian daya baterai yang berlebih karena akan menyebabkan baterai mengembang yang pada akhirnya baterai akan cepat rusak.

B. Cara merawat sehari-hari

Gunakan cooler pad jika laptop digunakan dalam waktu yang lama. Usahakan baterai laptop dalam suhu sedang ketika disimpan misal di dalam tas.

Hindari pemakaian adaptor laptop yang tidak sesuai, beda ampere, karena akan memperpendek umur baterai.

Hindari full discharge terlalu sering, ini juga memperpendek umur baterai.

Hindari juga full charge terlalu sering, efeknya akan sama yaitu baterai akan cepat rusak.

Jika laptop tidak dipergunakan dalam waktu sebulan atau lebih, lepaskan baterai. Simpan baterai dalam kondisi terisi daya sekitar 50 persen. Bungkus dengan plastik bening dan simpan di tempat yang sejuk dan kering. Sekian semoga bermanfaat.

Advertisement