Home » indonesian page » Cara Install WordPress Software di Blog Baru

Cara Install WordPress Software di Blog Baru

Postingan yang satu ini lagi-lagi saya buat berdasarkan pengalaman pribadi. Buat para blogger yang sudah top ilmunya soal wp, saya persilakan untuk melewati postingan ini he he he.

Pertama kali mendapat email dari webhosting tempat saya membeli domain sekaligus hosting, wuihh senengnya bukan main. Langsung saja saya pergi ke cpanel. Sesampainya di cpanel, berdasarkan panduan manual yang ada disana, saya langsung buat email. Selesai buat email, bingung mau apalagi. Berada dalam cpanel rasanya seperti ada di dalam rumah sesat!!

Sebenarnya saya ingin langsung buat postingan pertama, tapi bingung bagaimana caranya. Akhirnya coba-coba saya masuk ke salah satu ‘ruangan’ yang ada dalam cpanel yaitu file manager. Kemudian saya mencoba untuk menulis postingan, setelah itu saya publish. Memang ‘ruangan’ tersebut bukan tempat untuk ‘publish’ postingan, jadi ya tidak ada tombol untuk preview.

Penasaran dengan tampilan blog baru ini dengan postingan perdananya, saya buka jendela baru di mozilla dan mengetikkan www.ayasnotes.com di address bar. Hasilnya? Benar-benar di luar dugaan. Tampilan blog saya jadi seperti alien. Terlalu ekstrim sepertinya ya jika memakai kata alien tapi alien sepertinya memang kata yang cocok menggambarkan tampilan blog ini waktu itu. Sayang, saya lupa mengabadikannya dalam screenshot soalnya waktu itu memang lagi bingung. Tidak sempat memikirkan untuk mengabadikan momen itu 😛 .

Untunglah salah seorang sahabat saya (si wp addicter), membantu saya mengatasi hal ini. Saya dipandu menginstall wp software ke dalam blog.

Langsung saja deh, berikut ini cara install wp ke dalam blog:

    1. Login ke cpanel. (Password dan username untuk login ke cpanel sudah tercantum dalam email yg didapat dari webhosting)
    2. Pilih link fantastico (letaknya di bagian bawah tepatnya di bagian software)
    3. Klik link fantastico tesebut
    4. Kemudian pilih wordpress
    5. Pilih new install, lalu isi formnya

    Dalam form tersebut, nanti ada tulisan:
    Lokasi Install
    Instal di domain
    Install in directory
    Masukkan nama untuk menginstal dalam direktori (contoh: http://domain/name/).
    Biarkan kosong untuk menginstal di direktori utama (contoh: http://domain/)

    Dibiarkan kosong saja kolomnya

    6. Kemudian pada bagian nickname admin, teman-teman isi dengan nama teman. Bisa nama asli, nama panggilan atau nama samaran. Nickname yang dipilih ini nantinya akan tampil sebagai author. Kalau punya saya nicknamenya: ayas.
    7. Selanjutnya pada deskripsi situs, silakan isi dengan deskripsi singkat mengenai blog atau kata-kata mutiara. Sebagai contoh, untuk blog ini saya pilih: no limits for dreaming
    8. Setelah selesai semua, klik install.

Blognya sudah jadi, sekarang tinggal login ke wp admin untuk memmbuat postingan.

Ternyata caranya mudah ya, tapi itu kalau sudah tahu :D.

Print Friendly
Bagikan ya
tags: